Artikel ini akan membahas tentang cara menggunakan fitur Rip di Blender 3D. Fitur ini sangat berguna untuk membuat robekan atau potongan pada model 3D, yang memungkinkan Anda untuk membuat objek yang lebih realistis dan detail.
Pengertian dan Fungsi Rip di Blender 3D
Rip di Blender 3D adalah singkatan dari Rip Fill. Fitur ini merupakan alat yang sangat membantu dalam proses modeling, khususnya saat Anda perlu membuat potongan atau robekan pada objek mesh.
Fungsi utama Rip adalah “merobek” permukaan mesh dengan cara membuat edge baru di antara titik-titik yang dipilih. Proses ini akan memisahkan geometri mesh di sepanjang edge yang baru dibuat.
Cara Menggunakan Rip di Blender 3D
Rip dalam Blender 3D merujuk pada tindakan “merobek” atau memisahkan geometri. Ini adalah teknik penting dalam modeling yang memungkinkan Anda untuk membuat edge loop baru, memisahkan bagian mesh, atau membuat objek baru dari seleksi yang ada.
Berikut adalah beberapa cara umum untuk menggunakan Rip di Blender:
- Rip Fill: Memisahkan geometri dan mengisi ruang di antara tepi yang terpisah. Gunakan shortcut V setelah memilih edge atau vertices.
- Rip: Memisahkan geometri tanpa mengisi ruang. Gunakan shortcut Alt+V setelah memilih edge atau vertices.
- Vertex Connect: Menyambungkan dua titik dengan edge baru. Gunakan shortcut J.
Ingatlah bahwa Anda dapat mengakses lebih banyak pilihan dan pengaturan Rip melalui menu Edge (dalam Edit Mode) atau dengan klik kanan setelah melakukan seleksi dan memilih Rip atau Rip Fill.