Cara Menggunakan To Sphere Pada Blender 3D

Artikel ini akan memandu Anda tentang cara menggunakan fitur To Sphere di Blender 3D untuk mengubah objek menjadi bentuk bola.

Pengertian dan Fungsi To Sphere di Blender 3D

To Sphere adalah salah satu tool yang terdapat pada perangkat lunak 3D Blender. Tool ini termasuk ke dalam kategori modifier, yang berarti efeknya langsung diaplikasikan pada objek 3D yang kita pilih.

Fungsi utama To Sphere adalah untuk mengubah bentuk objek menjadi menyerupai bola atau sferis. Penggunaannya sangat mudah, cukup dengan menaikkan nilai “Factor” pada panel modifier To Sphere. Semakin tinggi nilainya, semakin bulat bentuk objek tersebut.

Cara Menggunakan To Sphere di Blender 3D

Fitur “To Sphere” di Blender 3D adalah alat yang ampuh untuk mengubah objek menjadi bentuk bola dengan cepat dan mudah. Berikut adalah panduan singkat tentang cara menggunakannya:

1. Pilih objek yang ingin Anda ubah menjadi bola.

2. Masuk ke “Edit Mode” dengan menekan tombol “Tab”.

3. Pastikan Anda berada dalam “Vertex Select Mode” (ikon titik di pojok kiri atas).

4. Tekan “A” untuk memilih semua vertex pada objek.

5. Tekan “Shift + Alt + S” untuk memunculkan menu “To Sphere”.

6. Seret mouse Anda atau gunakan slider angka untuk mengatur kekuatan efek “To Sphere” (nilai 1.0 akan mengubah objek menjadi bola sempurna).

7. Klik kiri atau tekan “Enter” untuk mengonfirmasi transformasi.

Anda telah berhasil menggunakan fitur “To Sphere”! Anda dapat menggunakan alat ini untuk membuat berbagai bentuk bulat, dari bola sempurna hingga objek yang sedikit melengkung. Bereksperimenlah dengan pengaturan yang berbeda untuk menemukan hasil yang Anda inginkan.

Leave a Comment