Artikel ini akan memandu Anda memahami cara menggunakan fitur Subdivide di Blender 3D. Pelajari bagaimana fitur ini dapat membantu Anda menambah detail pada model 3D dengan mudah dan cepat.
Pengertian dan Fungsi Subdivide di Blender 3D
Subdivide adalah salah satu fitur penting dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah poligon pada objek 3D. Proses ini pada dasarnya membagi setiap poligon (face) menjadi beberapa poligon yang lebih kecil, sehingga menghasilkan permukaan objek yang lebih halus dan detail.
Fungsi utama dari Subdivide adalah:
- Meningkatkan Resolusi Model: Membuat permukaan objek lebih halus dan detail, ideal untuk sculpting dan modeling tingkat lanjut.
- Mempersiapkan Model untuk Sculpting: Menyediakan lebih banyak geometri untuk sculpting, memungkinkan detail yang lebih halus.
- Memperhalus Permukaan: Menghilangkan kesan “poligonal” pada objek dengan menghaluskan sudut dan tepi yang tajam.
Cara Menggunakan Subdivide di Blender 3D
Subdivide adalah alat penting di Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah poligon pada objek. Ini berguna untuk menciptakan model yang lebih halus dan detail.
Berikut cara menggunakan Subdivide:
- Pilih objek yang ingin Anda Subdivide.
- Masuk ke Edit Mode.
- Pilih Edge, Face, atau Vertex yang ingin Anda Subdivide.
- Tekan tombol “Subdivide” pada toolbar atau tekan tombol pintas “W” lalu pilih “Subdivide”.
Anda dapat menyesuaikan jumlah pembagian dengan mengubah nilai “Number of Cuts” di panel operator.
Beberapa tips menggunakan Subdivide:
- Gunakan “Smooth Shading” untuk hasil yang lebih halus setelah melakukan Subdivide.
- Gunakan modifier Subsurf untuk kontrol yang lebih besar terhadap subdivisi.
- Perhatikan performa, karena Subdivide dapat meningkatkan jumlah poligon secara signifikan.