Cara Menggunakan Rotate Pada Blender 3D

Artikel ini akan membahas tentang cara menggunakan fitur Rotate pada Blender 3D untuk memutar objek di dalam ruang kerja 3D. Anda akan mempelajari berbagai teknik rotasi, termasuk menggunakan shortcut, gizmo rotasi, dan input numerik, sehingga Anda dapat memanipulasi objek dengan tepat dan efisien.

Pengertian dan Fungsi Rotate di Blender 3D

Rotate adalah salah satu transformasi dasar dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk memutar objek. Secara sederhana, Rotate berarti memutar objek pada sumbunya.

Fungsi utama Rotate adalah untuk mengatur orientasi objek dalam ruang tiga dimensi. Dengan Rotate, Anda dapat dengan mudah:

  • Memutar objek pada sumbu X, Y, atau Z.
  • Membuat objek miring.
  • Mengatur sudut pandang objek.

Cara Menggunakan Rotate di Blender 3D

Rotasi merupakan salah satu transformasi dasar yang penting dalam Blender, memungkinkan Anda untuk mengatur orientasi objek di ruang 3D. Berikut cara menggunakannya:

1. Memilih Objek: Klik objek yang ingin Anda rotasikan. Pastikan objek tersebut terpilih, yang ditandai dengan garis oranye tipis.

2. Memasuki Mode Rotasi: Tekan tombol “R” pada keyboard untuk masuk ke mode rotasi. Anda akan melihat gizmo rotasi muncul di sekitar objek yang dipilih.

3. Memutar Objek:

  • Gerakkan Mouse: Gerakkan mouse Anda untuk memutar objek secara bebas.
  • Batasi Sumbu: Tekan “X“, “Y“, atau “Z” untuk membatasi rotasi hanya pada sumbu tersebut.
  • Input Numerik: Masukkan nilai rotasi dalam derajat secara langsung menggunakan keyboard (misalnya, 90 untuk rotasi 90 derajat).

4. Konfirmasi Rotasi: Klik kiri mouse atau tekan “Enter” untuk mengonfirmasi rotasi.

Tips:

  • Gunakan tombol “Shift” saat merotasi untuk memperhalus gerakan.
  • Manfaatkan Gizmo Rotasi untuk visualisasi sumbu rotasi yang lebih mudah.
  • Anda juga dapat mengakses perintah Rotate melalui menu “Object” > “Transform” > “Rotate“.

Leave a Comment