Cara Menggunakan Bridge Tool Pada Blender 3D

Artikel ini akan memandu Anda tentang cara menggunakan Bridge Tool pada Blender 3D untuk menghubungkan dua sisi edge loop atau membuat permukaan di antara tepi yang dipilih.

Pengertian dan Fungsi Bridge Tool di Blender 3D

Bridge Tool adalah salah satu fitur penting dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk menjembatani atau menghubungkan dua sisi objek atau lebih. Dengan kata lain, tools ini berfungsi untuk ‘menghubungkan’ dua area terpisah pada model 3D Anda untuk menciptakan permukaan atau geometri baru di antaranya.

Fungsi utama dari Bridge Tool adalah untuk menciptakan topologi yang bersih dan efisien. Bayangkan Anda memiliki dua lingkaran yang ingin digabungkan menjadi sebuah silinder. Alih-alih membangun permukaan secara manual, Bridge Tool akan secara otomatis menghasilkan geometri penghubung yang optimal antara kedua lingkaran tersebut.

Kemampuan ini menjadikan Bridge Tool sangat berguna dalam berbagai skenario pemodelan 3D, termasuk:

  • Menghubungkan bagian-bagian tubuh karakter
  • Membuat permukaan halus antara objek yang berbeda
  • Menutup lubang dan celah pada model
  • Memperbaiki topologi mesh yang bermasalah

Cara Menggunakan Bridge Tool di Blender 3D

Bridge Tool di Blender 3D adalah alat yang sangat berguna untuk menghubungkan dua geometri yang terpisah. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Pilih Geometri: Pilih dua edge loop, face, atau vertex yang ingin Anda hubungkan. Pastikan kedua seleksi memiliki jumlah elemen yang sama.

2. Aktifkan Bridge Tool: Anda dapat menemukan Bridge Tool pada toolbar atau dengan menggunakan shortcut keyboard “Ctrl + E” lalu pilih “Bridge Edge Loops”.

3. Atur Parameter (Opsional): Setelah mengaktifkan tool, Anda dapat menyesuaikan parameter seperti jumlah potongan, bentuk lengkungan, dan lainnya pada panel “Adjust Last Operation” (ikon kunci inggris di Tool Shelf).

4. Konfirmasi: Klik kiri atau tekan “Enter” untuk mengonfirmasi dan membuat bridge.

Dengan Bridge Tool, Anda dapat dengan mudah membuat permukaan penghubung yang kompleks antara objek di Blender 3D.

Leave a Comment