Cara Menggunakan Graph Editor Pada Blender 3D

Artikel ini akan memandu Anda dalam memahami dan menggunakan Graph Editor, sebuah alat yang sangat powerful di Blender 3D. Pelajari cara memanipulasi kurva animasi untuk menghasilkan gerakan yang lebih halus, kompleks, dan profesional dalam proyek animasi Anda.

Pengertian dan Fungsi Graph Editor di Blender 3D

Graph Editor adalah salah satu editor di Blender yang digunakan untuk melihat dan mengedit animasi dalam bentuk kurva. Kurva ini merepresentasikan perubahan nilai dari suatu properti objek seiring waktu. Properti tersebut dapat berupa lokasi, rotasi, skala, dan berbagai parameter lain yang dapat dianimasikan.

Dengan Graph Editor, Anda dapat secara presisi mengatur timing, kecepatan, dan nilai dari setiap perubahan properti objek pada animasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat gerakan yang halus, transisi yang mulus, dan efek animasi yang kompleks dengan kontrol penuh.

Cara Menggunakan Graph Editor di Blender 3D

Graph Editor adalah alat yang ampuh di Blender yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi dan menyempurnakan animasi Anda dengan presisi yang luar biasa. Daripada mengatur keyframe secara manual, Graph Editor memberi Anda representasi visual dari properti animasi dari waktu ke waktu, memungkinkan Anda untuk mengedit kurva animasi secara langsung.

Untuk mulai menggunakan Graph Editor, pertama-tama pastikan Anda berada di Timeline. Anda kemudian dapat beralih ke Graph Editor dengan mengklik ikonnya di editor header atau menggunakan pintasan Shift + F6.

Setelah berada di Graph Editor, Anda akan melihat grafik yang mewakili animasi objek yang dipilih. Sumbu horizontal mewakili waktu, dan sumbu vertikal mewakili nilai properti yang dianimasikan. Titik-titik pada grafik adalah keyframe, yang menentukan nilai properti pada titik waktu tertentu.

Anda dapat memilih, memindahkan, dan mengubah bentuk kurva animasi dengan berbagai alat yang tersedia di Graph Editor. Anda dapat menambahkan keyframe baru, menghapus keyframe yang ada, dan menyesuaikan interpolation antara keyframe.

Dengan menguasai Graph Editor, Anda dapat membuat animasi yang lebih halus, lebih alami, dan lebih kompleks di Blender. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan waktu dan nilai animasi, serta menerapkan berbagai efek animasi, seperti easing dan overshoot.

Leave a Comment