Cara Menggunakan Inset Faces Pada Blender 3D

Artikel ini akan memandu Anda mempelajari salah satu fitur penting dalam Blender 3D untuk pemodelan 3D, yaitu Inset Faces. Pelajari cara menggunakan alat ini untuk menambahkan geometri baru ke model Anda dengan mudah dan efisien, membuka pintu menuju desain yang lebih kompleks dan menarik.

Pengertian dan Fungsi Inset Faces di Blender 3D

Inset Faces adalah salah satu tool penting dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk membuat permukaan baru di dalam face yang sudah ada. Bayangkan Anda memiliki sebuah bidang datar, dengan Inset Faces, Anda dapat “menekan” bagian tengah bidang tersebut ke dalam atau “menariknya” keluar untuk menciptakan bentuk 3D.

Fungsi utama Inset Faces adalah:

  • Membuat detail dan geometri baru pada model 3D.
  • Mempertahankan topologi mesh yang bersih, penting untuk proses modeling lanjutan.
  • Memudahkan proses extrusion pada tahap selanjutnya.

Cara Menggunakan Inset Faces di Blender 3D

Inset Faces adalah alat penting dalam Blender 3D untuk membuat geometri baru pada permukaan mesh yang sudah ada. Alih-alih menggeser tepi loop, alat ini menciptakan permukaan baru di dalam batas tepi yang dipilih, memungkinkan Anda menambahkan detail atau memodifikasi bentuk dengan presisi.

Untuk menggunakan Inset Faces:

  1. Pilih permukaan (faces) yang ingin Anda beri Inset.
  2. Tekan tombol “I” atau cari perintah “Inset Faces” di menu Mesh.
  3. Gerakkan kursor untuk mengontrol ukuran Inset, atau masukkan nilai secara manual.
  4. Klik kiri untuk menerapkan Inset.

Anda dapat menyesuaikan beberapa parameter Inset Faces, seperti:

  • Thickness: Mengontrol jarak antara tepi asli dan tepi baru.
  • Depth: Menentukan kedalaman ekstrusi Inset.
  • Individual: Membuat Inset pada setiap face yang dipilih secara terpisah.

Dengan menguasai Inset Faces, Anda dapat membuat berbagai bentuk kompleks, mulai dari detail kecil hingga modifikasi bentuk yang signifikan. Bereksperimenlah dengan berbagai pengaturan untuk memahami potensi penuh alat serbaguna ini.

Leave a Comment