Cara Menggunakan Recalculate Normals Pada Blender 3D

Dalam proses pembuatan model 3D, memastikan pencahayaan dan bayangan yang realistis sangat krusial. Artikel ini akan membahas tentang fitur Recalculate Normals di Blender 3D, sebuah alat penting untuk memperbaiki kesalahan geometri dan mencapai hasil render yang optimal.

Pengertian dan Fungsi Recalculate Normals di Blender 3D

Dalam dunia 3D, normals adalah informasi penting yang menentukan bagaimana cahaya berinteraksi dengan permukaan objek. Sederhananya, normals menunjukkan arah “luar” dari permukaan polygon.

Recalculate Normals adalah fitur di Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk menghitung ulang arah normals pada objek. Fitur ini sangat penting digunakan ketika Anda mengalami masalah tampilan seperti permukaan objek menjadi gelap atau terbalik, yang biasanya disebabkan oleh normals yang tidak konsisten atau terbalik.

Dengan menggunakan Recalculate Normals, Blender akan menganalisis geometri objek dan secara otomatis mengatur arah normals ke arah yang benar. Hal ini memastikan permukaan objek diterangi dengan benar dan terlihat sesuai harapan.

Cara Menggunakan Recalculate Normals di Blender 3D

Recalculate Normals adalah fitur penting di Blender 3D yang digunakan untuk memperbaiki masalah tampilan permukaan objek 3D, seperti permukaan yang terlihat terbalik atau memiliki bayangan yang aneh. Normal sendiri merupakan vektor yang menentukan arah permukaan poligon.

Berikut adalah cara menggunakan Recalculate Normals:

  1. Masuk ke Edit Mode dengan memilih objek dan tekan tombol “Tab”.
  2. Pilih semua vertex, edge, atau face yang ingin diperbaiki. Anda dapat memilih seluruh objek dengan menekan “A”.
  3. Pada menu bagian atas 3D Viewport, pilih Mesh > Normals > Recalculate Outside atau Recalculate Inside.
  • Recalculate Outside akan mengarahkan normal ke luar objek.
  • Recalculate Inside akan mengarahkan normal ke dalam objek.

Setelah menggunakan fitur ini, pastikan untuk memeriksa kembali tampilan objek. Recalculate Normals akan membantu memastikan permukaan objek terlihat dan menyatu dengan pencahayaan dengan benar.

Leave a Comment