Tutorial singkat ini akan menjelaskan cara menggunakan fitur Snap to Grid pada Blender 3D untuk mempermudah Anda dalam proses modeling. Anda akan mempelajari cara mengaktifkan fitur ini, berbagai pilihan yang tersedia, dan bagaimana fitur ini dapat membantu Anda membuat model 3D yang lebih presisi.
Pengertian dan Fungsi Snap to Grid di Blender 3D
Snap to Grid adalah fitur penting dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk “menempelkan” objek atau elemen 3D lainnya ke titik-titik grid yang telah ditentukan di ruang kerja Anda.
Fungsi utama dari Snap to Grid adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pemodelan 3D, terutama dalam hal:
- Presisi penempatan: Memastikan objek ditempatkan dengan tepat pada titik grid, menghindari posisi yang tidak sejajar atau berantakan.
- Mempercepat alur kerja: Memudahkan Anda dalam menyelaraskan objek, menggabungkan elemen, dan membangun model dengan cepat dan efisien.
- Mempertahankan skala dan proporsi: Membantu Anda menjaga konsistensi skala dan proporsi objek yang Anda buat.
Cara Menggunakan Snap to Grid di Blender 3D
Snap to Grid adalah fitur penting dalam Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memosisikan objek, vertice, edge, dan face ke kisi (grid) yang ditentukan. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga alur kerja tetap bersih dan memastikan objek-objek sejajar dengan benar.
Berikut adalah cara menggunakan Snap to Grid di Blender 3D:
-
Aktifkan Snap: Klik ikon magnet di bagian atas viewport 3D atau tekan tombol pintas Shift + Tab untuk mengaktifkan/menonaktifkan Snap.
-
Pilih Jenis Snap: Klik ikon kubus kecil di sebelah ikon magnet atau tekan tombol pintas Shift + Ctrl + Tab untuk membuka menu pilihan Snap. Pilih “Grid” dari menu tersebut.
-
(Opsional) Atur Pengaturan Grid: Anda dapat menyesuaikan ukuran grid dengan masuk ke menu “Overlay” di “Viewport Overlays” dan mengubah pengaturan “Scale” di bagian “Grid“.
-
Mulai Memindahkan Objek: Pilih objek, vertex, edge, atau face yang ingin Anda pindahkan dan gunakan alat Grab (G), Rotate (R), atau Scale (S). Objek Anda akan secara otomatis “menempel” ke titik-titik grid terdekat.