Artikel ini akan memandu Anda tentang cara menggunakan fitur UV Project from View pada Blender 3D. Fitur ini sangat berguna untuk memetakan tekstur objek 3D secara cepat dan mudah berdasarkan viewport yang sedang aktif, sehingga mempercepat alur kerja Anda.
Pengertian dan Fungsi UV Project from View di Blender 3D
UV Project from View adalah salah satu metode unwrapping di Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk membuat UV Map berdasarkan pandangan kamera atau viewport aktif. Sederhananya, fitur ini “memotret” tampilan objek 3D Anda dan menjadikannya acuan untuk “membuka” jaring-jaring objek pada ruang UV.
Fungsi utama dari UV Project from View adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses unwrapping objek, terutama untuk model dengan bentuk yang kompleks. Metode ini sangat berguna untuk:
- Mentransfer detail dari tampilan kamera ke tekstur.
- Membuat projection mapping sederhana.
- Memperbaiki bagian UV Map yang sulit diunwrap secara manual.
Cara Menggunakan UV Project from View di Blender 3D
UV Project from View adalah fitur di Blender yang memungkinkan Anda untuk membuat UV map berdasarkan tampilan 3D model Anda saat ini. Ini sangat berguna untuk menambahkan detail atau tekstur dengan cepat ke model yang kompleks.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan UV Project from View:
- Buka Blender dan pilih objek yang ingin Anda tambahkan UV map.
- Masuk ke Edit Mode.
- Pilih bagian mesh yang ingin Anda beri UV map.
- Atur tampilan 3D Anda ke sudut pandang yang Anda inginkan untuk memproyeksikan UV map.
- Buka jendela UV Editor.
- Di UV Editor, klik Image > Project from View (Proyeksikan dari Tampilan).
Blender kemudian akan membuat UV map baru berdasarkan tampilan 3D Anda saat ini. Anda dapat menyesuaikan UV map ini lebih lanjut di UV Editor sesuai kebutuhan.