Cara Menggunakan UV Sync Selection Pada Blender 3D

Dalam dunia animasi 3D, penguasaan terhadap UV mapping sangatlah krusial, terutama dalam hal efisiensi dan presisi. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang fitur “UV Sync Selection” pada Blender 3D. Pelajari cara mempercepat alur kerja dan meningkatkan akurasi pemetaan UV Anda dengan fitur canggih ini.

Pengertian dan Fungsi UV Sync Selection di Blender 3D

UV Sync Selection adalah sebuah fitur di Blender 3D yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan seleksi antara objek 3D dalam 3D Viewport dan UV Map dalam UV Editor.

Dengan mengaktifkan fitur ini, setiap vertex, edge, atau face yang Anda pilih di 3D Viewport akan secara otomatis terpilih juga pada UV Map di UV Editor, dan sebaliknya. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat alur kerja Anda, terutama ketika Anda bekerja dengan objek yang kompleks dan memiliki UV Map yang rumit.

Cara Menggunakan UV Sync Selection di Blender 3D

Fitur UV Sync Selection di Blender 3D memungkinkan Anda untuk menghubungkan seleksi vertex di 3D Viewport dengan seleksi di UV Editor. Fitur ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat alur kerja UV unwrapping Anda.

Untuk mengaktifkan UV Sync Selection, pastikan Anda telah membuka kedua jendela 3D Viewport dan UV Editor. Kemudian, klik ikon UV Sync Selection yang terletak di bagian header UV Editor. Ikon ini berbentuk dua panah berseberangan.

Setelah fitur ini aktif, seleksi vertex di 3D Viewport akan otomatis tercermin di UV Editor, dan sebaliknya. Anda dapat memilih vertex secara langsung di kedua jendela tersebut, dan seleksi akan tetap sinkron.

Tips:

  • Gunakan fitur ini bersamaan dengan mode seleksi Face atau Edge untuk memilih dan mengedit UV dengan lebih efisien.
  • Aktifkan opsi Sticky Selection di UV Editor untuk mempertahankan seleksi UV saat Anda berpindah mode seleksi di 3D Viewport.

Dengan memahami cara menggunakan UV Sync Selection, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam proses UV unwrapping model 3D Anda di Blender.

Leave a Comment