Cara Menggunakan Ruby Console Pada Sketchup

Apa itu Ruby Console di Sketchup

Ruby Console di SketchUp adalah sebuah jendela interaktif yang memungkinkan Anda untuk mengeksekusi kode pemrograman Ruby secara langsung di dalam SketchUp.

Sederhananya, ini seperti memberikan perintah langsung kepada SketchUp menggunakan bahasa pemrograman. Anda dapat menggunakan Ruby Console untuk berbagai keperluan, mulai dari mengotomatiskan tugas-tugas sederhana hingga membuat plugin yang kompleks untuk memperluas fungsionalitas SketchUp.

Cara Menggunakan Ruby Console di Sketchup

Ruby Console adalah alat yang sangat powerful di Sketchup, yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol Sketchup dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Dengan Ruby Console, Anda bisa mengotomatiskan tugas-tugas yang repetitif, membuat tools kustom, bahkan memodifikasi fungsionalitas Sketchup yang sudah ada.

Untuk mengakses Ruby Console di Sketchup, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Sketchup.
  2. Pada menu bar, klik “Window”.
  3. Pilih “Ruby Console”.

Setelah Ruby Console terbuka, Anda bisa langsung mengetikkan kode Ruby dan menjalankannya dengan menekan Enter. Contoh sederhana, ketikkan kode berikut untuk menampilkan pesan di Ruby Console:

puts "Halo, ini Ruby Console!"

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang bahasa pemrograman Ruby dan API Sketchup untuk memanfaatkan Ruby Console secara maksimal.

Leave a Comment