Cara Menggunakan Make Unique Pada Sketchup

Apa itu Make Unique di Sketchup

Make Unique adalah sebuah fitur pada Sketchup yang berfungsi untuk “melepaskan” koneksi antara objek yang identik. Sederhananya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengedit satu objek tanpa memengaruhi objek lain yang sebelumnya sama persis.

Misalnya, Anda memiliki dua buah kubus identik. Jika Anda menggunakan Make Unique pada salah satu kubus, maka perubahan yang Anda lakukan pada kubus tersebut tidak akan terjadi pada kubus lainnya. Fitur ini sangat berguna untuk membuat variasi objek dengan cepat atau memodifikasi objek yang terduplikasi tanpa harus menggambar ulang dari awal.

Cara Menggunakan Make Unique di Sketchup

Fitur Make Unique di Sketchup memungkinkan Anda untuk memisahkan geometri suatu objek dari objek induknya. Ini berarti setiap perubahan yang Anda buat pada objek yang telah di- “Make Unique” tidak akan mempengaruhi objek aslinya. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin memodifikasi bagian tertentu dari model tanpa mengubah keseluruhan desain.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Make Unique di Sketchup:

  1. Pilih objek yang ingin Anda pisahkan.
  2. Klik kanan pada objek yang dipilih.
  3. Pada menu yang muncul, pilih “Make Unique”.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah ini, objek yang Anda pilih akan menjadi objek independen. Anda dapat melihatnya di Outliner dengan nama yang berbeda. Sekarang Anda bebas untuk mengedit objek tersebut tanpa memengaruhi objek aslinya.

Leave a Comment